Contoh Soal Biologi dan Pembahasannya :
Di
sini saya ada soal dan jawaban biologi yang pernah saya bahas di bangku kuliah
saya. Saya tidak ada niat untuk membagikan jawaban atau apa pun. Berhubung soal
ini juga telah selesai dibahas dan tidak lagi dipergunakan, nah siapa tau teman
sekalian pernah nemu soal begini dan
susah menjawabnya. Di sini saya bantu, boleh juga komentar dibawah kalau ada
yang ingin dipertanyaan seputar biologi. Oh ya, soal ini adalah soal taksonomi
tumbuhan rendah salah satu mata kuliah
jurusan saya. J
Terima Kasih
Soal
dan Jawaban
1.
Berdasarkan yang telah kita pelajari
sebelumnya, analisis menurut pemahaman saudara dan terangkan masing-masing dari
point berikut ini :
a.
Menurut pemahaman saudara bagaimana
penamaan urutan taksonomi tumbuhan rendah ?
Jawab :
Takson
bagi tumbuhan sama dengan hewan tetapi ada satu yang membedakannya yaitu pada
tingkat kedua setelah kingdom, untuk hewan yaitu filum dan tumbuhan devisi
seperti berikut ini.
·
Kingdom
·
Divisi
·
Kelas
·
Ordo
·
Famili
·
Genus
·
Spesies
b.
Deskripsikan konsep takson bagi tumbuhan
?
Jawab :
Takson
tumbuhan merupakan ilmu yang mempelajari penelusuran, penyimpanan contoh,
pemerian, pengenalan (identifikasi), pengelompokan (klasifikasi), dan
penamaan tumbuhan.
c.
Perbedaan antara taksonomi tumbuhan
rendah dan tinggi ?
Jawab :
·
Taksonomi
tumbuhan tingkat tinggi telah mempunyai jaringan pembuluh (memiliki jaringan
pengangkut, dan memiliki daun, batang, dan akar sejati).
·
Taksonomi
tumbuhan tingkat rendah tidak mempunyai jaringan pembuluh (tidak memiliki
jaringan pengangkut, dan memiliki daun, batang, dan akar sejati), sehingga
materi disalurkan dengan cara difusi antarsel.
d.
Sampel konsep autoekologi dan sinekologi
pada tanaman?
Jawab :
·
Autekologi,
yaitu ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme atau organisme secara
individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Contoh autekologi misalnya
mempelajari sejarah hidup suatu spesies organisme, perilaku, dan adaptasinya
terhadap lingkungan. Jadi, jika kita mempelajari hubungan antara pohon Pinus
merkusii dengan lingkungannya, maka itu termasuk autekologi. Contoh lain adalah
mempelajari kemampuan adaptasi pohon merbau (Intsia palembanica) di padang
alang-alang, dan lain sebagainya.
·
Sinekologi, yaitu ekologi yang
mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling
berinteraksi dalam daerah tertentu. Misalnya mempelajari struktur dan komposisi
spesies tumbuhan di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau, mempelajari
pola distribusi binatang liar di hutan alam, hutan wisata, suaka margasatwa,
atau di taman nasional, dan lain sebagainya.
e.
Deskripsikan hubungan antara konsep
geografi dan ekologi tumbuhan?
Jawab :
Objek kajian geografi
tumbuhan adalah tumbuhan yang sifatnya natural dan bukan tumbuhan yang sudah
mendapatkan perlakuan khusus atau rekayasa oleh manusia. Pendekatan yang
digunakan dalam kajian dunia tumbuhan adalah bukan saja dari segi floristik
saja yaitu pendekatan yang hanya berkaitan dengan tumbuhan itu saja, tetapi
yang lebih penting adalah pendekatan dari segi struktur yaitu, bagaimana dari
tumbuhan yang hidup itu terbentuk, tumbuh, berkembang dan tersebar. Secara umum
penggolongan tumbuhan yang tersebar di permukaan bumi lebih didasarkan pada
pendekatan struktur.
2. Dari beberapa point
berikut silahkan pemaparan anda mengenai hal-hal berikut ini:
- divisi pteridophyta
(Tumbuhan Paku)
Jawab :
Tumbuhan paku secara structural memiliki
akar, batang dan daun sejati dengan berkas pembuluh pembuluh pengangkut (
xylem dan floem ). Merupakan tumbuhan berpembuluh yang tidak menghasilkan
biji tetapi menghasilkan spora. Tumbuhan paku yang sudah dewasa akan
melakukan reproduksi aseksual / vegetatif membentuk sporofit (
2n ) yang menghasilkan spora ( n ).
- divisi thallophyta (Tumbuhan Tallus)
Jawab :
Thallophyta adalah
tumbuhan yang belum memiliki daun, akar dan batang yang jelas dan thallophyta
merupakan tumbuhan yang berthalus termasuk diantaranya adalah golongan jamur
/fungi, bakteri dan ganggang / alga. Yang termasuk golongan Thallophyta adalah
ganggang (alga), jamur (fungi), dan lumut kerak (lichenes).
- divisi scizophyta
Jawab :
Schizophyta merupakan
kelompok yang mempunyai ciri khusus yaitu berkembang biak dengan membelah
diri. Divisi ini dianggap sebagai kelompok tumbuhan dengan tingkat
perkembangan filogenetik yang paling rendah sehingga dari evolusi merupakan
kelompok tumbuhan yang paling tua dan primitif.
- divisi spermatophyta (Tumbuhan berbiji)
Jawab :
Spermatophyta merupakan divisi dari
kingdom plantae yang mencakup semua tumbuhan berpembuluh (vaskular) dan
menghasilkan biji sebagai alat reproduksi
generatif. Spermatophyta berasal dari bahasa yunani yaitu sperma =
biji dan phyton = tumbuhan.
3. Suatu cabang ilmu
Biologi salah satunya Taksonomi Tumbuhan Rendah.
a. Ruang lingkup dari
ilmu botani adalah klasifikasi taksonomi struktur anatomi dan morfologi atau
fungsi fisiologi dari kehidupan tumbuh-tumbuhan, genetika?
Jawab :
Genetika
merupakan cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme maupun
suborganisme. Secara singkat dapat juga dikatakan bahwa genetika adalah ilmu
tentang gen dan segala aspeknya.
b. Manfaat yang bisa kita rasakan perkembangan
ekologi saat ini?
Jawab :
·
Mengenal
lebih banyak keanekaragaman hayati
·
Mengenal lebih jauh makhluk hidup
·
Membantu mengetahui dampak terhadap lingkungan
·
Membantu
memecahkan masalah pangan
·
Membantu
memecahkan masalah pertanian
·
Membantu
memecahkan masalah energi
·
Membantu
memecahkan masalah kesehatan
·
Membuat proses indutri yang lebih maju
·
Mengenal
kesetimbangan dalam kehidupan
c.Alasan mengapa kita
mempelajari ini di perguruan tinggi?
Jawab :
·
Taksonomi Tumbuhan Rendah merupakan mata
kuliah prodi dan juga syarat kelulusan agar bisa melanjutkan mata kuliah
selanjutnya.
·
Sebagai bekal ilmu nantinya jika sudah
lulus sebagai pendidikan biologi dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
khususnya bagi seorang pendidik yang hendak memberikan pelajaran biologi.
d. interaksi yang
terjadi antara komponen biotik dan abiotik dan simbiosis –simbiosis apa saja
yang terdapat dalam suatu ekosistem beserta contohnya di lingkungan sekitar
kita.
Jawab :
Di dalam ekosistem, interaksi antara komponen
biotik dengan komponen abiotik akan membentuk keseimbangan alam. Ekosistem akan
seimbang apabila komposisi penyusun ekosistem tersebut seimbang akan tetapi
bukan berarti jumlahnya sama. Misalnya pada waktu musim hujan, jumlah rumput
(produsen) di suatu padang rumput meningkat sehingga dapat mencukupi kebutuhan
makan populasi rusa. Ketika musim kemarau, jumlah rumput berkurang sehingga
menyebabkan jumlah rusa juga menurun. Apabila perubahan komposisi itu terjadi
secara seimbang dari waktu ke waktu, maka ekosistem itu dikatakan seimbang dan
dapat bertahan lama.
·
Simbiosis
Mutualisme
Simbiosis
mutualisme adalah interaksi antara dua jenis makhluk hidup berbeda yang saling
menguntungkan contohnya :
1.
Kupu-kupu atau serangga yang hinggap
pada tumbuhan berbunga. Kupu-kupu atau serangga menghisap madu dari bunga
sedangkan tumbuhan berbunga dibantu proses penyerbukannya oleh serangga yang
hinggap pada bunga tersebut.
2.
Simbiosis antara bakteri Eschericia coli
yang hidup di usus manusia. Bakteri tersebut menghasilkan vitamin B12 dan
vitamin K yang berperan pada proses pembekuan darah manusia. Sedangkan manusia
memberikan perlindungan, makanan, dan lingkungan yang cocok bagi bakteri di
dalam usus.
·
Simbiosis
Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua jenis makhluk hidup
berbeda, dimana satu individu mendapatkan keuntungan sedangkan satu
individu lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan, beberapa contohnya adalah:
1. Tumbuhan
anggrek dengan pohon yang ditumpanginya. Anggrek diuntungkan karena dapat
menempel pada batang pohon yang cukup tinggi, sehingga memperoleh
sinar matahari untuk proses fotosintesis. Sedangkan pohon yang ditumpangi
tidak mendapatkan keuntungan atau kerugian apapun karena tumbuhan anggrek mampu
membuat makanannya sendiri.
·
Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara dua jenis makhluk hidup
berbeda, dimana satu individu diuntungkan (parasit) sedangkan satu
individu lainnya dirugikan (inang atau host). Contoh simbiosis parasitisme
diantaranya:
1. Tumbuhan benalu (sebagai parasit) pada pohon mangga (sebagai inang),
benalu mendapat tempat hidup sekaligus mengambil air dari pohon mangga,
sedangkan pohon mangga sebagai tumbuhan inang akan terhambat pertumbuhannya
bahkan lama kelamaan akan mati karena kekurangan air.
3.
- Sebutkan pengertian botani?
Jawab :
Botani atau ilmu
tumbuh-tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan, jamur,
dan alga, dengan mikologi dan fikologi yang berada di dalam cabang ilmu botani.
- Manfaat mempelajari
ilmu botani ?
Jawab :
Dengan mempelajari
botani maka kita dapat mencandra atau melakukan pencandraan atau
klasifikasi setiap tumbuhan dan dengan mempelajari botani secara
langsung kita mengetahui karakter tanaman yang secara tidak langsung kita dapat
mengetahui bagaimana teknologi budidaya tanaman yang akan diterapkan dalam
suatu tanaman
- Ruang lingkup botani
?
Jawab :
Ruang lingkup botani:
·
Struktur tumbuhan (morfologi & anatomi):
daun, batang, akar, bunga, buah, dll.
·
Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
(fisiologi): fotosintesis, respirasi, transpor air, pembungaan,
- Kajian ilmu botani
bagi manusia?
Jawab :
1. Botani membuat
kita paham bagaimana cara tumbuhan hidup sehingga kita dapat mempertahankan
tanaman pertanian yang kita kembangkan.
2. Botani mempelajari interaksi tumbuhan dengan organisme lain sehingga
kita dapat memanfaatkan organisme yang menguntungkan untuk tanaman pertanian
dan menyingkirkan organisme yang merugikan bagi tanaman.
3. Botani mempelajari interaksi tumbuhan dengan kondisi lingkungan
tertentu sehingga kita dapat mengatur kondisi di sekitar tanaman yang dapat
membuat tanaman pertanian berkembang secara maksimal, dengan begitu hasil
pertanian akan bertambah.
5. - Jelaskan mengenai
tata nama / nomenklatur pada tumbuhan?
Jawab :
·
Nama species terdiri atas 2 kata:
kata pertama merupakan nama genus
kata kedua merupakan penunjuk spesies
·
Huruf pertama penunjuk nama genus
ditulis huruf besar
·
Huruf pertama penunjuk spesies digunakan
huruf kecil
·
Nama spesies menggunakan bahasa latin
·
Ditulis dengan garis bawah, cetak
miring, atau huruf tebal
·
Nama spesies harus ditulis berbeda
dengan huruf – huruf lainnya
·
Jika nama spesies tumbuhan terdiri atas
lebih dari 2 kata, kata kedua dan berikutnya harus digabung.
·
Jika nama species hewan terdiri atas 3
kata, kata ketiga tsb bukan nama spesies.
·
Nama spesies juga mencantumkan inisial
pemberi nama tersebut.
- Sistematika tumbuhan yang anda ketahui?
Jawab :
Sistematika
tumbuhan adalah ilmu yang berkaitan sangat erat dengan
taksonomi tumbuhan. Namun, sistematika tumbuhan lebih banyak
mempelajari hubungan tumbuhan dengan proses evolusinya.
Dalam sistematika bantuan ilmu seperti filogeni dan kladistika banyak
berperan.
- Sebutkan klasifikasi dari sampel tanaman
yang telah anda pelajari di praktikum?
1. KlasifikasiSingkon
·
Kingdom:Plantae
·
Divisi:Magnoliophyta
·
Kelas:Magnoliopsida
·
Ordo:Euphorbiales
·
Familia:Euphorbiaceae
·
Genus:Manihot
·
Spesies:Manihot esculenta
2.Klasifikasi Bunga kertas
·
Kingdom:Plantae
·
Divisi:Magnoliophyta
·
Kelas:Magnoliopsida
·
Ordo:Caryophyllales
·
Famili:Nyctaginaceae
·
Genus Bougenville
·
Spesies:Bougenville sp
3.Klasifikasi cabai rawit
·
Kingdom:Plantae
·
Divisi:Magnoliophyta
·
Kelas:Magnoliopsida
·
Ordo:Solanales
·
Famili:Solanaceae
·
Genus:Capsicum
·
Spesies:Capsicum frutenscens L.
4.KlasifikasiBawangMerah
·
Kingdom:Plantae
·
Divisi:Magnoliophyta
·
Kelas:Magnoliopsida
·
Ordo:Eliliales
·
Famili:Eliliaceae
·
Genus:Allium
·
Spesies:Allium cepa L.
5.Klasifikasi Bangun-bangun
·
Kingdom:Plantae
·
Divisi:Magnoliophyta
·
Kelas:Magnoliopsida
·
Ordo:Lamiales
·
Famili:Lamilaceae
·
Genus:Plectranthus
·
Spesies:Pletranhus amboinucus
6.Klasifikasiterong
·
Kingdom:Plantae
·
Divisi:Magnoliophyta
·
Kelas:Magnoliopsida
·
Ordo:Solanales
·
Famili:Solanaceae
·
Genus:Solanum
·
Spesies:Solanum melongena
Tinggalin jejak dirimu teman-teman terbaikku,karena komentar dan masukan kalian adalah semangat jiwaku. Hehehe :)
ReplyDelete